Dalam game terdapat unsur penting bagi player yaitu User Interface. Desain User Interface dalam game melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau player. Pemain menjadi elemen tak terlihat, tapi kunci untuk cerita, seperti halnya narator dalam novel atau film. Fiksi ini dapat langsung dihubungkan ke UI, sebagian terkait, atau tidak sama sekali. Game historis tidak memiliki hubungan nyata untuk narasi game, kemungkinan besar karena game semasa dulu jarang memiliki unsur-unsur cerita yang kuat. Terdapat sebuah teori mengenai desain user interface game oleh Erik Fagerholt dan Magnus Lorentzon dari Chalmers University of Technology berjudul: Beyond the HUD (Head Up Display) – User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah untuk berbagai jenis interface tergantung pada bagaimana terkait dengan narasi dan geometri permainan mereka, di antara lain :
1. DIEGETIC
Elemen user interface yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic. Elemen UI diegetik yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah Dead Space, Far to cry 2, Aliens : Colonial Marine dan Assassin’s Creed.
Dead space screen shoots
Far to cry 2 screen shoots, stopwatch
Assassin’s Creed itu menggunakan eagle vision untuk menyorot musuh dan jalur
patroli mereka. Pemain dan karakter melihat hal yang sama.
2. META
Elemen UI tidak selamanya sesuai dalam
geometri dari dunia permainan. Mereka masih dapat mempertahankan narasi
permainan tapi duduk di hub plane 2D – ini disebut elemen Meta. Elemen
meta UI bisa sulit untuk dipakai dalam permainan tanpa unsur narasi yang kuat,
seperti olahraga atau permainan balap. Dalam Need for Speed: Hot
Pursuit masih dapat terasa bahwa speedometer di HUD 2D adalah meta
karena karakter pemain – sopir, akan tahu berapa kecepatan mobil melaju
dan untuk itu membentuk bagian dari narasi tersebut. Elemen HUD lainnya
seperti posisi track dapat lebih sulit untuk dipakai.
Need for Speed: Hot Pursuit menggunakan elemen HUD seperti speedometer
untuk menyampaikan informasi tentang mobil kepada pemain.
Blood splashing di layar dengan 2D HUD plane untuk memberi tahu player
bahwa karakter sudah kalah dan mati.
3. SPATIAL
Elemen Spasial UI digunakan ketika ada
kebutuhan untuk memecahkan narasi dalam rangka untuk memberikan
informasi lebih kepada pemain melebihi yang disadari karakter. Mereka
masih duduk dalam geometri lingkungan permainan untuk membantu memuaskan
pemain dan mencegah mereka dari keharusan untuk merusak pengalaman
dengan melompat ke layar menu. Semakin dekat ini mengikuti aturan fiksi
permainan semakin mereka dapat membantu memuaskan pemain.
Splinter Conviction juga mengadopsi unsur-unsur spasial dalam
bentuk proyeksi yang menggambarkan tujuan dalam dunia permainan. Skala
mereka tampaknya menantang fiksi sedikit lebih dari contoh-contoh
lainnya.
Tipe ditampilkan di dalam lingkungan untuk mengkomunikasikan pesan
ke pemain daripada ke karakter.
Fable 3 adalah contoh lain di mana spatial elemen digunakan
untuk memberikan informasi lebih pada player dan mencegah player dari
melompat ke map screen. Jejak yang berpijar hampir tepat digunakan
karena unsure fiksi dan memberi kualitas kesan magic estetik tetapi
karakter tidak dimaksudkan untuk menyadari hal itu. Ini memandu pemain
ke tujuan berikutnya.
Jejak bersinar Fable memandu player untuk melangkah ke langkah selanjutnya.
Spatial elemen dapat menjadi sesuatu yang indah ketika mereka bekerja
dengan geometri di dunia. Berikut ini adalah spatial elements dari
Forza 4 yang mendemostrasikan style simple yang dapat kontras denga
kekayaan kualitas 3D dari game.
Bold iconography dikombinasikan dengan strong typographic layouts membantu
membangun arah seni yang indah bagi Forza 4’s UI.
4. NON DIEGETIC
Lalu ada elemen diegetic non-tradisional, elemen-elemen ini memiliki
kebebasan untuk benar-benar dihapus dari fiksi permainan dan geometri
dan dapat mengadopsi pemakaian visual mereka sendiri, meskipun sering
dipengaruhi oleh arah seni permainan. Saya pikir ini unsur paling baik
digunakan ketika bentuk diegetik, meta dan spasial memberikan batasan
yang melanggar seamlessness atau konsistensi dari elemen UI.World of Warcraft sebagian besar menggunakan non-diegetic UI, satu pengecualian adalah nama pemain yang spatial. Hal ini memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya menyesuaikan, mudah-mudahan memastikan pengalaman yang familiar.
Sebagian besar elemen UI di World of Warcraft duduk di hub plane 2D,
beberapa elemen duduk dalam geometri dunia seperti nama
pemain namun karakter tidak mengetahui adanya UI
Akhirnya Mass Effect 3 menggunakan banyak elemen Non-diegetic
UI elements agar dapat menginformasikan kepada player bahwa karakter
telah memilih senjata dan kekuatan dari beberapa yang ditawarkan.
Non-diegetik Mass Effect 3 ini elemen masih mewarisi gaya visual
yang berhubungan dengan dunia game
1xBet: 100% Up To €1000 Welcome Bonus - RideCasino.com
BalasHapusWithdrawal Methods: Deposits 1xbet korean via 제천 출장마사지 Venmo, PayPal, 전주 출장안마 Debit Card, E-Wallet, 서산 출장샵 Skrill, 1xBet Casino. 0.00% Up To €1000 안양 출장샵 Bonus. 0% Up To €1000. 0% Up To